Perumahan Sebagai Solusi?

 Kemajuan zaman yang semakin canggih ini membuat manusia menginginkan sesuatu yang instan dan praktis. Salah satunya adalah rumah, semakin banyaknya perusahaan properti membuat para calon buyer, bisa dengan mudah memilih kualifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan para pembeli.

Belum lagi dengan adanya program KPR dan cicilan 0% bunga, membuat orang-orang yang memang bergaji pas-pasan memilih mengajukan perumahan daripada memberi lahan dan membangun sendiri rumah di lahan tersebut, terlalu ribet dan banyak pengeluaran.

Apalagi kalau yang membeli perumahan itu merupakan orang sibuk yang setiap hari bekerja, sangat sulit untuk mengatur waktu antara bekerja dan mengurus pembangunan rumah, jadi perumahan merupakan saran yang tepat.

Tapi, apakah benar sarana perumahan merupakan solusi yang tepat?

Semua orang pasti mempunyai impian dan rumah merupakan salah satu impian setiap orang. Bila di lihat dari fungsinya rumah merupakan tempat bernaung yang bisa melindungi kita dari hujan, angin, dan panas matahari.

Untuk saya sendiri rumah bukan hanya sekadar tempat tinggal semata untuk melepas penat, lebih dari itu rumah merupakan tempat berkumpul keluarga, merasakan kehangatan keluarga, dan mengeksplorasi segala hal.

Seiring berjalannya waktu, saya merasa rumah sudah menjadi peralihan dari tempat bernaung menjadi salah satu aset yang paling penting dalam kehidupan. Tidak ada salahnya memang. Tetapi melihat sendiri bagaimana rumah megah di kota yang hanya diisi oleh seorang pemantu atau pengurus rumah, membuat saya berpikir ulang mengenai salah satu impian sejuta umat itu, apalagi perumahan.

Tercapainya impian, tentunya ada rasa bangga tersendiri, apalagi itu merupakan hasil kerja keras, bahagianya double. Kembali ke permasalahan perumahan sebagai solusi untuk masyarakat menengah ke bawah. Dengan adanya solusi cicilan dan bunga 0% itu tentunya sangat menggiurkan dan membantu masyarakat. Akan tetapi, apabila kita tidak dengan cermat memilih agen propertinya alih-alih kita malah tertipu. Tertipu disini bukan hanya tertipu dengan agen propertinya, tetapi juga bisa tertipu dengan pembangunan rumah yang kiranya terlihat bagus, ternyata satu dua bulan sudah rusak kembali, belum lagi masalah pengairan yang macet, dan lainnya.

Hal itulah yang perlu kita pastikan dengan benar ketika akan membeli rumah di agen property perumahan. Selain itu perlu di perhatikan juga lingkungan di sekitar rumah yang akan kita pilih yang tentunya berbeda dengan lingkungan tempat tinggal kita sebelumnya. Apalagi jika sebelumnya tinggal bersama orangtua di daerah yang sejuk dan terkenal dengan keramah-tamahannya.

Lokasi perumahan juga perlu menjadi perhatian, bagaimana kalau rumah yang akan kita beli itu berada di pegunungan yang jauh dari keramaian, atau di pelosok kota, atau malah berada di lereng gunung rawan longsor. Hal ini bukan hanya jadi perhatian pembeli, tetapi juga agen property itu sendiri. Karena jangan sampai mereka mendirikan perumahan di lahan yang memang tidak bisa di jadikan pemukiman seperti lereng gunung. Bisa saja, tetapi terlalu beresiko. Selain itu juga akan berdampak buruk pada alam.

Dengan didirikannya lahan perumahan di lereng gunung atau perbukitan, membuat gunung menjadi gundul dan kemungkinan terjadi longsor akan semakin besar. Bukan hanya agen dan penghuni perumahan, tapi juga penduduk sekitar gunung tersebut yang lebih dulu menetap.

Begitu juga dengan daerah yang rawan banjir. Perumahan yang terkenal dengan betonan itu bisa menghalangi air hujan masuk ke dalam tanah. Biasanya yang terdampak banjir itu merupakan pemukiman warga setempat.

Perumahan memang memberikan dampak yang baik bagi segi ekonomi. Ada baiknya sebelum menentukan lokasi perumahan, agen properti juga mempertimbangkan beberapa hal terkait lingkungan sekitar lokasi. Hal ini di tujukan agar kita bisa lebih peduli terhadap lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmati Perjalanan Menarik Tanpa Takut Dengan Asuransi Perjalanan MPM Insurance

Ciri Laki-laki Red Flag Yang Harus Anda Hindari

Some Things to note when becoming a copywriting Paketkan in a Surabaya Region