5 Kunci Rezeki yang Tertuang Dalam Al-Qur'an

 Rezeki berasal dari bahasa arab yaitu dari kata razaqa, yarzuqu, rizqan, yang berarti kekayaan, nasib, harta warisan, upah, dan anugerah atau pemberian.

Rezeki juga bisa dimaknai sebagai  pemberian, makanan, hujan, dan buah-buahan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia rezeki merupakan segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan).

Di dalam al -que'an juga banyak ayat yang membahas perihal rezeki. Seperti beberapa surat di bawah ini mengenai kunci rezeki menurut Al-Qur'an, diantaranya :

1. Rezeki karena istighfar

Istighfar merupakan bacaan dengan tujuan bertaubat atau memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Selain sebagai salah satu penebus dosa, istighfar juga bisa menjadi sarana ladang rezeki. Seperti yang tertuang dalam surat Nūh ayat  10 sampai dengan 11 berikut ini :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

"Maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun.  (Qs. Nūh : 10)

يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

"Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu." (Qs. Nūh : 11)

2. Rezeki karena menikah

Sudah banyak ulama yang mengatakan bahwa dengan menikah, mencari rezeki semakin di permudah. Berikut firman Allah mengenai rezeki karena menikah :وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui." (Qs. An-Nūr : 32)

3. Rezeki karena bersyukur Sebagai rasa terima kasih atas segala nikmat yang telah diperoleh yaitu dengan cara bersyukur. Bukan hanya sebagai ungkapan terima kasih, bersyukur juga bisa melapangkan rezeki. Hal ini tertuang dalam surat Ibrāhim ayat 7 berikut :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, \"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (Qs. Ibrāhim : 7)

4. Rezeki karena sedekahAnggapan mengenai memberi lebih baik daripada menerima benar adanya, karena dengan memberi rezeki tidak akan mengurangi rezeki kita. Akan tetapi rezeki kita justru bisa bertambah.

Hal ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 245 berikut ini :

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan." (Qs. Al-Baqarah : 245)

5. Rezeki karena usaha

Selain sudah ada jaminan rezeki dari Allah SWT bagi setiap mahluknya, rezeki juga bisa seperti hubungan timbal balik. Ibarat membeli sebuah barang, tentunya harus mempunyai uang sebagai alat tukar.

Begitu juga rezeki Allah, menukarkan usaha hambanya yang telah berupaya atau berusaha untuk mencari rezeki di dunia dengan rezeki yang berlimpah lagi barokah. Seperti yang tertuang dalam surat An-Najm ayat 39 sampai dengan 41 berikut :

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

"Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya." (Qs. An-Najm : 39)وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَىٰ

"Dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya)." (Qs. An-Najm : 40)ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَىٰ

"Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna." (Qs. An-Najm : 41)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmati Perjalanan Menarik Tanpa Takut Dengan Asuransi Perjalanan MPM Insurance

Ciri Laki-laki Red Flag Yang Harus Anda Hindari

Some Things to note when becoming a copywriting Paketkan in a Surabaya Region